Wednesday, September 5, 2018

# Bookish Merchs # lain-lain

Sticky Notes Yang Bikin Aku Makin Semangat Baca dan Me-review Buku

Sticky Notes

Haiii.. Kali ini aku bukan bahas review buku. Tapi bahas salah satu bookish merch yang akhir-akhir ini ngebantu aku banget untuk baca sekaligus me-review buku. Apa ituuu? Iyaa.. Sticky Notes atau bisa disebut Page Marker, atau sticker, atau Post It, dan berbagai istilah lainnya.

Jadi aku mau cerita dan tanya sedikit. Pernah gak teman-teman merasa jenuh baca buku atau kena reading slump, yang bikin gak ada semangat untuk lanjut baca bukunya? Atau mungkin senang baca bukunya, tapi rada jenuh bikin review-nya karena bosan juga kasih tanda di bagian-bagian penting ceritanya?

Nah, akhir-akhir ini aku merasakan hal seperti itu. Awal baca bukunya sih semangat banget. Dan udah semangat juga nih bikin review-nya. Tapi, kemudian jadi gak lanjut baca karena ketika aku menemukan kutipan keren dari bukunya, yang mau aku tunjukin ketika aku bikin review-nya, aku gak tahu harus kasih tandanya gimana.


Aku bukan tipe pembaca yang suka melipat halaman buku, atau tipe yang kasih coretan dengan pulpen atau stabillo di bagian kutipan yang menarik dari bukunya. Karena asa sayang aja sama bukunya. Soalnya juga, kemungkinan ada buku yang nantinya aku lepas ke pembaca lainnya, dan aku pikir sepertinya mereka juga gak suka kalau bukunya penuh bekas lipatan atau coretan. Itu hal sederhana, tapi penting juga buat aku.

Jadi, setelah gemas karena gak bisa move on dari halaman yang isinya kutipan penting di buku yang harus aku kasih tanda, aku yakin aku butuh sticky notes. Sebenarnya masih ada sisa sedikit. Tapi sayangnya itu yang tipenya kalau dipakai, gak bisa dipakai ulang lagi alias gak lengket. Dan malah kadang suka lepas sendiri. Jadinya harus aku cari ulang lagi kutipan penting itu gegara sticky (yang gak sticky) notes-nya lepas.

Akhirnyaa, minggu-minggu kemarin langsung lah aku buka salah satu aplikasi belanja online. Cari-cari sticky notes di sana. Dan sekarang aku carinya yang merk-nya sudah pasti, kayak Post It, atau 3M, atau yang bahannya plastik aja. Karena dari pengalaman sebelumnya, yang bahannya kertas dan motifnya lucu itu ternyata gak lengket sama sekali dan gak reusable juga. Jadi asa rugi belinya.

Setelah ubek-ubek baca review tokonya, lihat-lihat harga termurah, lihat-lihat motif dan bahannya, ketemu juga yang merk Post It dan 3M dengan harga jauh lebih murah daripada beli di toko buku langsung. Dan ketemu juga yang bahannya plastik transparan dengan motif lucu. Masuklah semua ke keranjang. Tapii.., kemudian aku bimbang. Kok yang bahannya kertas ada yang motifnya lucu. Tapi ada merk-nya kok. Dan sepertinya merk-nya terkenal juga. Langsunglah coba lihat-lihat produk lain dari merk tersebut, yang kemudian berakhir jadi beli juga tipe yang kertas itu. Tapi belinya cuma 3, karena takut gagal lagi seperti yang sebelumnya. Aku juga sempat lihat yang merk Montana, yang bahannya kertas dan motifnya lucu-lucu banget. Tapi, karena belum ada yang review gimana pemakaiannya di kertas, aku gak jadi beli yang itu.

Ternyata panjang juga yah aku ceritanya. Ahahahaha...

Dan inilah akhirnya beberapa Sticky Notes yang aku beli :

Merk Post-it 3M

(a) Sticky Notes merk Post-it 3M

Sticky notes Post-it 3M ini yang langsung masuk keranjang belanja karena udah teruji pemakaiannya. Yang pasti bisa nempel di kertas buku, gak ngerusak halaman buku, dan reusable juga, jadi bisa dipakai berkali-kali sampai sesuka aku mau dipakai berapa kali. Ahahahahaha.....


Sticky Notes Bahan Plastik merk Deli

(b) Sticky Notes Bahan Plastik merk Deli

Sticky notes ini juga langsung masuk keranjang karena bahannya plastik. Aku pernah pakai juga yang bahannya seperti ini. Tapi untuk merk Deli ini, aku baru nemu pas belanja online ini. Karena terlihat meyakinkan dan murah, langsunglah beli. Begitu sampai juga langsung aku test di buku. Dan kualitasnya bagus banget, seperti yang aku harapkan.

Sticky notes bahan plastik lainnya

(c) Sticky notes bahan plastik

(d) Sticky notes bahan plastik


Kedua tipe sticky notes di atas juga aku beli karena bahannya plastik. Motifnya juga lucu. Walaupun merk-nya belum (?) terkenal atau belum aku kenal, tapi karena bahannya plastik, jadi aku beli juga. Belinya pun cuma 3 dan 4 karena mau dicoba dulu. Dan setelah datang, kesan pertama itu ternyata motifnya benaran lucu banget. Lalu langsung coba tempel di halaman novel. Dan kualitasnya juga bagus. Mirip sama sticky notes plastik yang merk terkenal. Jadi aku sama sekali gak menyesal udah beli sticky notes plastik ini.

Sticky notes bahan kertas merk Deli

(e) Sticky notes bahan kertas merk Deli

Sticky notes terakhir ini berbahan kertas, bermotif lucu, dan berwarna lucu. Karena itulah aku jadi tergoda buat beli, padahal niat awalnya cuma mau beli yang bahan plastik. Kalau beli yang bahan kertas pun kudu yang merk-nya pasti-pasti aja. Daripada nanti nyesal. Tapii... ujung-ujungnya aku beli juga. Kenapa? Alasan utamanya karena motif dan warnanya lucu, terus kalau beli tiga bisa dapat harga grosir (ini utama banget sebenarnya biar irit), dan alasan terakhir yang bikin makin yakin untuk beli adalah karena sticky notes ini ada merk-nya, yaitu Deli. Merk yang sama kayak sticky notes plastik bentuk panah di atas. Waktu itu aku mikirnya, ada merk-nya nih, harusnya kualitasnya bagus, udah gitu murah, motifnya lucu, jadi beli aja deh. Kalau gak bagus juga gak menyesal banget karena murah. Ahahahaha....

Dan ternyata setelah barangnya datang, aku beneran puas. Dan menyesal juga karena cuma beli tiga. Ahahahahahaha......

Kesan pertama itu, motif dan warnanya jauh lebih bagus dan lucu setelah lihat langsung. Bahan kertasnya bagus, mirip-mirip kayak yang ber-merk. Tipe tempelannya pun juga mirip sama yang ber-merk, jadi otomatis ini bisa reusable, dipakai berkali-kali sampai aku putuskan gak mau pakai lagi. Ahahahahahaha......


Koleksi sticky notes yang murah nan lucu


Dan.. itulah semua sticky notes yang aku beli demi keberlangsungan semangat membaca dan me-review buku. Setelah semua barang-barang itu datang, semangat baca dan review aku jadi nambah. Mungkin itu kayak sugesti, tapi semangat itu berarti banget buat aku yang beberapa bulan terakhir sempat kena reading slump dan review slump. Terakhir, sebagai penutup post ini, aku post juga foto-foto penggunaan sticky notes di atas di buku yang lagi aku baca sekarang yaah..


contoh pemakaian sticky notes plastik tipe c


contoh pemakaian sticky notes plastik tipe d


contoh pemakaian sticky notes plastik tipe b (atas) dan e (bawah)


Terakhir.. contoh pemakaian sticky notes merk Post-it 3M sekaligus mau nunjukin betapa banyaknya aku menggunakan sticky notes ini demi kutipan penting di novel yang aku baca. Hahahahaha....

contoh pemakaian sticky notes post-it 3M tipe a
Sekian post tentang salah satu bookish merch yang paling sering aku beli, yaitu sticky notes. Sticky notes sekarang makin banyak macamnya. Ada yang bahan kertas, plastik, ada juga yang motifnya  dan warnanya lucu. Intinya, apa pun tipe dan motifnya, pilihlah yang kualitasnya bagus dan bermanfaat untuk kebutuhan kamu. Mungkin yang motifnya lucu pun bisa dijadikan salah satu properti foto buku. Iya, gak? Ahahaha...

Terima kasih sudah membaca post yang ternyata panjang ini. Kalau teman-teman ada rekomendasi sticky notes tipe atau merk lain, boleh share di sini. Atau mungkin lain kali aku mau coba yang merk Montana, karena katanya yang merk ini bisa dibeli di mini mart atau toko buku mana pun.

Sekian dan terima kasih lagi. Mohon maaf atas semua kekurangannya. Dan semoga post ini bermanfaat untuk semua.


1 comment:

  1. Bookish mercendise emang ngebantu banget buat ningkatin semangat baca. Ah, jadi inget dulu waktu belom mengenal sticky notes masih nandai buku dengan stabilo atau pake garis bawah. ngerusak pemandangan banget.
    Btw, salam kenal ya, Kreta Amura

    ReplyDelete